Cara Membersihkan Kipas Angin AC dengan Baik


Seperti alat elektronik rumah tangga lainnya, air cooler atau kipas angin ac juga harus dibersihkan secara berkala agar masa pakainya bertahan lama dan tentunya juga lebih baik bagi kesehatan anda. Meskipun cara membersihkannya terbilang mudah, namun anda tetap harus melakukannya dengan cara yang benar. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan air cooler atau kipas angin ac anda.

Kuras Tangki Air Secara Berkala
Anda memang harus mengisi tangki air secara berkala karena tidak baik untuk membiarkan air di dalam tangki berada di bawah level minimum. Namun anda juga tidak boleh lupa untuk menguras dan membersihkan tangki air pada alat penyejuk ruangan anda secara berkala.
Pada umumnya, terdapat tutup karet pada bagian bawah tangki air sebuah air cooler yang memang ditujukan untuk menguras air. Tapi cara mengeluarkan air dari tangki sebuah air cooler memang berbeda-beda tergantung jenis air cooler apa yang anda miliki.

Anda bisa mengisi tangki air sampai penuh, lalu kuras habis airnya. Atau anda bisa mengisi air dengan selang sambil membuka tutup karetnya sehingga air yang mengalir dapat menyapu kotoran pada tangki airnya. Namun jika tangki air pada air cooler anda dapat dikeluarkan, akan lebih baik untuk menyikat bagian dalam tangki air dengan menggunakan sponge atau sikat, dan air sabun lalu dibilas kembali dengan air bersih, lalu lap dengan lap bersih atau tiriskan hingga kering. Tangki air kemudian bisa anda pasang kembali pada air cooler setelah tangki air tersebut kering.

Bersihkan Filter dan Pompa Air
Jika tangki air bisa anda kuras setiap minggu karena cara pembersihannya yang sangat mudah, anda tidak boleh lupa juga untuk membersihkan filter dan pompa air. Komponen- komponen ini bisa anda akses dengan membuka penutup bagian belakang air cooler atau kipas angin ac yang anda miliki. Pastikan semua sekrup terlepas agar penutup air cooler bisa dibuka denan baik. Setelah itu anda bisa melepas filter dan membersihkannya dengan cara merendamnya ke dalam air bersih atau air sabun. Diamkan beberapa saat hingga semua kotoran terangkat. Jika anda menggunakan air sabun sebelumnya, anda bisa melanjutkan membilas filter dengan air bersih, namun jika tidak, anda bisa langsung mengeringkan filter tersebut. Pengeringan filter air cooler cukup diangin-anginkan saja di tempat sejuk hingga kering dengan sendirinya.

Sedangkan untuk pompa air yang berada di dalam air cooler atau kipas angin ac memang tidak perlu dilepas untuk dibersihkan. Anda cukup membersihkan pompa air ini dengan lap kering yang bersih. Selain untuk pompa air, lap kering bisa anda gunakan juga untuk membersihkan ventilasi depan air cooler. Anda juga tidak boleh lupa untuk membersihkan kipas yang ada di dalam air cooler, untuk kipasnya sendiri, anda dapat menggunakan kuas untuk menanggalkan debu-debu yang menempel.

Bersihkan Media Pendingin (Cooling Pad)
Selain komponen yang telah disebutkan, komponen lain dari air cooler atau kipas angin ac yang perlu dibersihkan adalah media pendingin yang biasa disebut dengan cooling pad. Media pendingin ini adalah tempat terjadinya enguapan air yang bertemu dengan udara panas, karenanya termasuk salah satu komponen penting bagi sebuah air cooler. Cara membersihkannya pun cukup mudah, anda hanya perlu mengeluarkannya dari air cooler, lalu anda bisa menyikatnya dengan air kemudian dibilas. Jika ingin lebih bersih, anda bisa menggunakan air sabun lalu membilasnya dengan air bersih. Setelah bersih anda hanya perlu meniriskan media pendingin ini hingga kering sepenuhnya, baru anda dapat memasukannya kembali ke dalam air cooler atau kipas angin ac anda.

Jika media pendingin anda berjamur atau berbau tidak sedap, anda bisa membersihkannya dengan larutan cuka dan air. Rasio perbandingan cuka dan air ini adalah 1:1. Campuran air dan cuka ini akan menghilangkan jamur, bakteri, dan bau tidak sedap yang ada di media pendingin.

Anda akan merasakan perbedaan yang cukup jelas saat menyalakan air cooler atau kipas angin ac anda saat alat ini telah selesai dibersihkan. Udara yang dikeluarkan akan terasa lebih sejuk dan bersih. Jangan lupa lakukan pembersihan ini secara rutin agar anda dapat merasakan udara sejuk yang maksimal dari alat ini dan masa pakainya bisa tahan lebih lama. Tangki air bisa anda bersihkan seminggu sekali, sementara komponen lain bisa anda bersihkan minimal satu bulan sekali.

Komentar